Museum Danar Hadi



Welcome to Danar Hadi Antiques Batik Museum

Ketika mengunjungi Solo beberapa minggu yang lalu, saya sempat singgah di Museum Danar Hadi. Museum Danar Hadi mengisahkan sejarah batik melalui jalinan warna dan motif yang terwujud dalam helai - helai kain batik yang indah. tersaji 600 helai batik kuno hingga kontemporer, masing-masing coraknya dan kehalusannya akan memukau pengunjung. 

Simak batik keraton yang tiap coraknya memiliki kisah dan makna beragam. Dapat pula dipelajari bagaimana mata pencaharian masyarakat dapat mempengaruhi keragaman batik. Ada pula motif - motif unik hasil perpaduan cerita dongeng asing dengan batik. Jangan lewatkan kesempatan melihat langsung proses pembuatan batik tulis maupun batik cap, serta proses pewarnaannya di area produksi Pabrik Batik Danar Hadi.
Pembuatan Batik Tulis
Suasana di Pabrik Batik Danar Hadi
Pembuatan Batik Cap

Museum Danar Hadi dibuka  Setiap hari, kecuali tanggal 17 agustus dan hari Raya Islam Pukul : 09.00 - 16.30. Alamat Museum Danar Hadi : Brigjen. Slamet Riyadi 261, Surakarta 57141, No. Telp: +62. 271 714 326.  Bea Masuk ke dalam Museum Danar Hadi untuk pengunjung umum Rp. 25.000,- dan untuk mahasiswa atau pelajar Rp. 15.000,- dengan menunjukan kartu pelajar.

Setelah lelah berkeliling melihat proses pembuatan batik saya pun singgah sejenak untuk menikmati suasana di sekitar Museum Danar Hadi yaitu sebuah restoran dengan nuansa exterior maupun interior kolonial yang homy sekali keunikan perpaduan antara arsitek Belanda & Jawanya yaitu  Soga Restoran & Lounge. Restoran ini sengaja dibangun untuk melengkapi fasilitas yang ada di House of Danar Hadi yang didirikan oleh Bp. H Santosa Doellah, merupakan tempat tujuan wisata terpadu dengan keelokan dan kemewahan layaknya sebuah istana dan semuanya itu dikemas dalam one day shopping. 


 

Para pelanggan pun dibuat merasa nyaman dan tenang untuk menikmati suasana area SOGA Restaurant & Lounge yang dilengkapi dengan : Akses internet gratis Wifi, international TV, Ruangan ber Ac & Alunan Musik Piano juga instrument Tradisional Musik Jawa.  

Ada beberpa menu yang disajikan di Soga Restaurant & Lounge yaitu menu Kolonial terdiri dari Aurora voorgerecht, Perahoe Kipragout, Colonial Pasta, Pannekoeken, Pofrertje dan menu Tradisional khas masakan Jawa seperti iga bakar bumbu Jawa, Ayam bakar madu, Nasi Soerakarta Hadningrat, Nasi bakar mbak minil, sup buntut bakar. Selain itu Soga Restaurant & Lounge juga menyediakan paket set menu, Prasmanan maupun Ristjafle.


No comments :