BERGEN - OSLO

Setelah Copenhagen, Bergen & Oslo adalah kota yang kami kunjungi di Norwegia yang merupakan negara dengan biaya hidup dan penghasilan tertinggi di Skandinavia.

Setelah menempuh perjalanan selama 1,5 jam dengan SAS Airlines akhirnya kami mendarat di Bandara Fleslan Bergen (BGO).

Hotel Scandic Bergen City menjadi pilihan kami selama 2 malam di Bergen. Untuk menuju hotel ini, ada bus bandara dari Flybuss Bergen yang berhenti di seberang hotel. Perjalanan dari bandara ditempuh menuju hotel ditempuh selama 30 menit.

Somy didepan Hotel Scandic Bergen City
Bergen adalah kota terbesar kedua di Norwegia. Kemana mana bisa jalan kaki, kontur tanahnya berbukit bukit.

Brygen Quarter, salah satu UNESCO World Heritage Site, deretan rumah berwarna warni terang yang dulu berfungsi sebagai tempat nelayan karena letaknya bersebelahan dengan dermaga. Saat ini menjadi cafe/ toko souvenir.

Pagi hari kami menyaksikan kehidupan nelayan di dermaga, open-air  fish market, dimana salmon berwarna orange terlihat fresh. Setiap mampir ke pedagang ikan, penjual dengan ramah mempromosikan dan mengiriskan potongan besar ikan sebagai tester. Terlihat kehidupan asli warga Bergen yang terasa kental kekeluargaannya.

Jangan lewatkan untuk naik funicular, kereta kaca yang akan membawa kita keatas Mount Floyen dengan lama perjalanan 10 menit. Terlihat pemandangan seluruh kota Bergen yang dikelilingi oleh 7 bukit dan laut biarpun sedikit tertutup kabut.

Dari Bergen kami mengambil tur yang terkenal di Norwegia, "Norway in a Nutshell". One of the must try experience in Norway.

Trip dimulai dari Bergen dan berakhir di Oslo, atau sebaliknya. Jika waktu anda terbatas, bisa pilih trip yang kembali ke kota semula, misalnya berawal di Bergen dan berakhir di Bergen.
Kami berangkat dari Bergen jam 8 pagi dan tiba di Oslo jam 11 malam.

Norway in a nutshell - one way trip from Bergen to Oslo (NOK 2.960) for 2 adults.
Rute yang akan kami tempuh yaitu Bergen - Voss - Gudvangen - Flam - Myrdal - Oslo

Bergen - Voss (Kereta)
Ditempuh selama lebih kurang 1 jam, duduk di kereta dengan kursi berhadap hadapan.

Voss - Gudvangen (Bus)
Bisa menikmati pemandangan indah alam dan pedesaan, di kanan kiri jalan terlihat deretan hutan pinus, gunung hijau, sungai. Yang sangat menarik adalah bus akan menuruni bukit terjal berkelok kelok yang bikin tegang dan menahan napas, apalagi saat berpapasan dengan kendaraan lain. Pemberhentian bus terakhir di pelabuhan Gudvangen, untuk melanjutkan perjalanan dengan naik feri.

Gudvangen - Flam (Fjord Cruise)
Inilah Fjords! perjalanan naik kapal menyusuri sungai lebar, dengan tebing tinggi dipinggir sungai.
Terlihat pemandangan desa kecil, rumah kecil bercat putih, domba domba yang merumput.

Flam - Myrdal (The Flam Railway)
Di kota Flam, kami berhenti untuk menikmati makan siang selama 1 jam sebelum melanjutkan perjalanan ke Myrdal. Kereta yang kami gunakan adalah kereta antik berwarna hijau. Selama perjalanan, terlihat pemandangan indah seperti lembah hijau, air terjun, melewati jembatan diatas jurang.

Myrdal - Oslo (Kereta)
Sesampainya di Myrdal, kami berganti kereta lagi dengan kereta regional untuk menuju Oslo. Perjalanan ditempuh selama 4 jam. Tiba di Kota Oslo jam 11 malam.

Biarpun lelah setelah sehari penuh melakukan perjalanan darat dan air yang indah, namun kami merasakan suatu pengalaman yang luar biasa menakjubkan.

Oslo sebagai ibukota Norwegia, namun kotanya kecil, kemana kami naik trem, metro subway dan bus sebagai transportasi. Jalur transportasi sangat mudah dipelajari dan banyak peta gratis.

Di kota ini kami menghabiskan waktu selama 2 malam dan menginap di Thon Hotel Cecil.

Karl Johan Gate adalah shopping street terkenal terletak di depan stasiun Oslo - S, dan berakhir di Royal Palace. Pusat perbelanjaan ini hanya ada 4 blok dan Royal Palace terlihat dari jauh. Kendaraan dilarang untuk masuk di jalan ini.

Selain pusat perbelanjaan, disepanjang jalan ini kami melewati dan berkunjung ke Gedung Parlemen, National Theater, University of Oslo dan berakhir di Royal Palace.

Vigeland Parken adalah tujuan kedua setelah Royal Palace. Sebuah taman terbuka dengan banyak patung karya seniman Norwegia.  Dari Vigeland Parken, kami mengunjungi New Opera House, yang membuat turis merasa senang disini karena arsitekturnya unik, beratap miring dan bisa naik sampai rooftop.

Juni 2013

Pemandangan kota Bergen

Pemandangan kota Bergen setelah naik Funicular

Pemandangan alam Fjord

Air Terjun

Di depan kereta antik menuju Myrdal