Kado Kejutan Ulang Tahun Goenawan Mohamad ke 70

Goenawan Mohamad (GM) yang berusia 70 pada tanggal 29 Juli 2011, diberikan kado kejutan oleh sahabat sahabatnya, sebuah buku. Buku ini bukan biografi, melainkan sebuah catatan aneka kegiatan GM oleh orang orang yang mengenalnya cukup dekat, baik secara pribadi maupun aktifitasnya di berbagai bidang.



Jilal Mardhani memberikan kata sambutan
GM akan dilihat dari lima jurusan: sebagai penyair, wartawan-esais, aktifis politik, dramawan dan sebagai kawan. 


Ide buku ini dicetuskan oleh M. Jilal Mardhani dan dikerjakan hampir dua bulan oleh editor Hamid Basyaib. Hermawan Tanzil dan tim LeBoYe yang ikut menyeleksi dan menyusun flow foto dan mendesain sampul untuk menangkap "persis" sosok GM. Buku tebal dengan 211 halaman ini diberi judul "Goenawan Mohamad enak dibaca dan perlu" , dicetak di kertas Curtis Retreeve, Eco White, 104 gr dari Paperina. Gambar sampul foto Oscar Motuloh dari sketsa karya Srihadi Soedarsono.


Cover Buku Goenawan Mohamad

Dibarengi dengan foto-foto hasil karya dan kurasi Oscar Motuloh yang memuat ide dan kejituan pandang, terdapat 31 tulisan (6 diantaranya merupakan wawancara) dari kontributor yang sukarela menyumbangkan tulisan di buku ini antara lain : Marsillam Simanjuntak, Ciputra, Arifin Panigoro, Bambang Harymurti, A.Mustofa Bisri, Boediono, Putu Wijaya, Fikri Jufri, Leila S. Chudori, Jakob Oetama, Bondan Winarno, Marco Kusumawijaya, Todung Mulya Lubis, Sapardi Djoko Damono, dll.


GM & DSP
Acara syukuran sekaligus pemberian kado kejutan ini diadakan tanggal 25 Juli 2011 di Griya Jenggala, Jakarta Selatan. Diawali dengan doa oleh Fikri Jufri, pemotongan tumpeng, makan malam dan diakhiri dengan penandatanganan buku oleh GM.



Fikri Jufri & GM




1 comment :

hendragunawan said...

sayang, buku-buku gm sangat telat masuk ke makassar