Membaca “Eksotika Ve” di Rubrik Figur Kompas

Ve Dhanito, sarjana Teknik Sipil, Universitas 11 Maret dan Magister Ilmu Teknik Sipil, Universitas Indonesia, bidang Manajemen Proyek dan peserta residensi seniman di LaSalle College of Art, Singapore memiliki hobi fotografi yang serius ditekuninya. Hingga, ia memutuskan untuk terjun penuh di dunia fotografi. Keputusan, pemikiran, hobi, dan karya Ve banyak diceritakan di kolom ini. Di bawah ini, ringkasannya.

Banyak karya fotonya yang dimuat majalah dari dalam dan luar negeri. Ia menekuni kerja fotografi konseptual, belakangan, ia mengeksplorasi konsep tentang otak , yang menelaah neurosains untuk merencanakan pembuatan karya-karya fotografinya. Untuk menunjang kerjanya di bidang fotografi, Ve memilih olahraga untuk kebugaran tubuhnya. Dari kecil Ve telah aktif berolahraga bulu tangkis, basket, crossfit, dan tinju.

Eksotika Ve karena ketertarikannya pada konseptualisasi ide eksplorasi ketubuhan otak terasa dalam karya fotografinya. Hal ini tercermin ketika pada 2018 di Taipei, Taiwan, Ve menyuguhkan karya-karya fotografi konseptual dalam karya seni instalasi yang diberi judul”Mind-Brain-Body”. Ia turut serta dalam pameran  dan lokakarya Wonderfotoday itu di Songshan Cultural an Creative Park, Taipei, 15-17 Maret 2018. Di tahun yang sama Ve juga menggelarPameran Bersama Astonishing Indonesia di Semarang.

Pertama kali, pameran yang diikutinya adalah Pameran Bersama Port of Call di Singapura pada 2014, tahun berikutnya 2015, Pameran Bersama Kaohsiung International  Photography di Kaohsiung City Culture, Taiwan. Kemudian di 2016, Ia merambah lokasi pameran di Eropa, dengan Pameran Bersama GELB di Luzern, Swiss.

Hampir tiap tahun Ve berpameran, 2017 Ia Pameran Bersama Pili Tjeng-Eksotika Rempah di Jakarta, Jakarta International Photography Festival (Jipfest) “Identity”, Jakarta dan Pameran Bersama “Creative Freedomto Heal The Nation” Intercovid-19 di Jakarta.

Selengkapnya mengenai sosok Ve Dhanito dapat dibaca pada harian Kompas, Minggu, 25 Oktober 2020, yang ditulis oleh Nawa Tunggal dengan baik. Selamat membaca.

1 comment :

Marsya said...

Numpang promo ya Admin^^
ajoqq^^cc
mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
mari segera bergabung dengan kami.....
di ajopk.com ^_~
segera di add Whatshapp : +855969190856