Selamat Jalan Jaya Ibrahim



Jaya Ibrahim lahir di Yogyakarta 67 tahun yang lalu, putra diplomat Sumatera & puteri Jawa. Kuliah Ekonomi & Sosiologi di York University. Bekerja di Blakes, Luxes Hotel London, Karya Anousky Hempel. Disitulah ia menemukan jati dirinya sebagai perencana hotel, saat mulai menjadi asisten sang desainer interior ternama. 20 tahun tinggal di London menjadikannya seorang arsitek yang tangguh.

Jaya Ibrahim mewujudkan karyanya di ada di banyak belahan dunia, seperti Jakarta, Singapore, Miami, Shanghai, Oman, India, dll. Hasil karyanya antara lain Aman at Summer Palace, Amanfayun, Fuchun Resort, T8 Rest & Lounge, Shiatzy Chen Flagship Store, The Legian Bali, Amanikan, Cipicong, The Darmawangsa, Erlangga, The Club at The Saujana, The Capella, The Datai, The Nam Hai, The Club at the Leela Goa, The Chedi Muscat, Christopher Noto Residence, Aman Spa at The Connaught, The Setai Miami.

Jaya Ibrahim memiliki hubungan yang erat dengan Adrian Zecha putra Sukabumi yang telah sangat melambung namanya berkat keberhasilannya membangun Aman Resort. Dalam bekerja Jaya Ibrahim sangat mementingkan konsep dan akan berusaha sekuat mungkin untuk mewujudkan konsep tersebut.
 
Ia terpilih sebagai 100 desainer terbaik di dunia dari Architectural Digest Magazine. Jaya selalu mencari semangat dari sebuah desain dan menyesuaikannya dengan lingkungan dimana bangunan tersebut akan dibangun. Baginya bangunan hotel sebaiknya tidak memberikan rasa asing bagi tamunya tetapi rasa bahwa tamu tersebut sadar sedang berada di suatu tempat bukan berada di tempat yang mirip dengan tempat lain.

Ia telah bekerjasama dengan banyak orang ternama, beberapa diantaranya adalah Bruce M. Goldstein, Shaun Yeo dan Larry Van Ooyen. Karya emasnya dapat dilihat dalam coffee table book “Jaya Contemporary Design with Pedigree”

Pada tanggal 5 Mei 2015 yang lalu, ia jatuh di rumahnya di Jakarta Timur dan setelah mengalami pendarahan otak, Ia meninggalkan kita selama lamanya tetapi karya-karyanya tetap dapat hidup dan dinikmati oleh banyak orang.

Rest in Peace

Juni 2015

No comments :