Konser Kemerdekaan Republik Indonesia 2012



Harian Kompas, Nama & Peristiwa, Sabtu 28 Juli 2012

Dedi Sjahrir Panigoro bersama Yayasan Musik Sastra Indonesia sedang menyiapkan Konser Kemerdekaan Republik Indonesia 2012. Konser akbar itu direncanakan akan digelar pada 1 dan 2 Septembe mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Pergelaran yang menampilkan Orkes Simfoni Nusantara itu akan didukung oleh dua konduktor tamu, yaitu Addie MS dan konduktor muda Budi Utomo Prabowo. Adapun konduktor utama merangkap direktur musik dipegang Purwacaraka. Sederet artis akan mendukung pergelaran, antara lain pianis Ananda Sukarlan, pemain sasando Djitron Pah, seniman harpa Mesty Ariotedjo, penyanyi Nyak Ina Raseuki, Vina Panduwinata, dan tiga sekawan RAN.

“Ini kemerdekaan, he-he-he,” kata Dedi Panigoro tentang kevariatifan penampil.

“Namun, nanti ada benang merahnya. Oleh karena itu, kami menggunakan sutradara Yudi Ahmad Tajudin dari Teater Garasi,” Dedi yang berkunjung ke harian Kompas, beberapa waktu lalu.

Konser dilandasi keprihatinan pada kondisi negeri di usia 67 tahun. Dalam rancangan buku pengantar konser disebutkan, “Kekerasan terjadi di mana-mana, ketakutan menemani keseharian. Kita harus mengubah ketidaknyamanan tersebut menjadi sebuah oasis yang teduh, sejuk, dan damai. Oasis itu adalah musik....”


No comments :