Pianis Meinar Loeis Berpulang



Pianis lagu anak-anak di era tahun 1970-an, Meinar Loeis binti Imam Pamoentjak Nan Koening, berpulang pada usia 85 tahun, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Selasa (28/7). Diantar sanak saudara dan para kerabatnya, Meinar disemayamkan di rumah duka di Manggarai, Jakarta Selatan. Jenazah direncanakan akan di makamkan pada Rabu (29/7), sekitar pukul 10.00 WIB.

Perempuan kelahiran Sumatera Barat, 14 Mei 1930, itu meninggal setelah empat hari dirawat di rumah sakit. Kondisinya menurun sejak Sabtu pekan lalu akibat infeksi paru-paru.

Suami Meinar, Mufti Nurdin, meninggal dan dua putranya, Indra Utama dan Indra Budi, telah berpulang terlebih dahulu. Almarhumah meninggalkan dua cucu, Ivan Syahnur dan Ihsan Saputra.

Meinar dikenal sebagai sosok yang dekat dengan anak-anak. "Beliau adalah pianis yang sabar, penyayang, dan rendah hati. Jumat lalu, almarhumah masih sempat mengiringi anak-anak menyanyikan lagu, seperti lagu berjudul 'Bintang Kecil'," ujar Bagyo Harsanto (69), pemusik anak-anak, yang juga rekan seperjuangan Meinar.

Selama hampir 30 tahun, Meinar mengisi berbagai acara anak-anak di TVRI. Ia menjadi pianis pada acara "Ayo Menyanyi," "Lagu Pilihanku," "Cerdas Cermat," dan "Cepat Tepat." Bersama AT Mahcmud, ia mempopulerkan lagu seperti "Bintang Kecil," "Pelangi-pelangi," dan "Lihat Kebunku."



Cucu Nurbayati (47), adik ipar Meinar yang merawatnya, menuturkan, hingga usia senja, Meinar mencintai lagu anak-anak. Ia menghabiskan masa tuanya dengan mengajar di taman kanak-kanak, seperti TK Bintara 4 (Bekasi), TK Ade Irma (Jakarta), dan TK Budi Asih (Jakarta).

Jose Choa Linge, pemerhati musik Indonesia, mengaku mengaku menyukai lagu anak-anak dari dentingan piano Meinar. Saat ini, Jose tengah menulis biografi Meinar.

Menurut psikolog anak Seto Mulyadi, pengabdian Meinar untuk anak-anak hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi muda. "Dengan alunan piano Bu Meinar, anak-anak terhanyut ke sesuatu yang arahnya edukatif," katanya.

Sumber: Kompas, 29/7/2015

No comments :