Kunjungan Pertama Arzey


Raditya Jeconia Panigoro (Arzey), untuk pertama kalinya berkunjung ke rumah kami, seusai lepas dari perawatan intensif di RS Hermina Jatinegara sejak dua pekan lalu. Senang sekali ketika melihatnya tampak segar dan telah lebih gemuk dari sebelumnya.



Putra dari Yudiana Panigoro dan Wanti ini pada mulanya lahir prematur, sehingga perlu perawatan khusus untuk memantau asupan nutrisinya dan dirawat di unit perawatan NICU (Neonatal Intensive Care Unit).



Setelah dirawat selama lebih kurang satu bulan setengah, maka kini kondisi Arzey alhamdulillah telah sehat wal afiat. Berkat kesabaran dan kecermatan ekstra dari dokter yang merawat dan tentunya juga kedua orangtuanya.

Perawatan yang diterimanya selama di RS antara lain: dimasukkan dalam inkubator untuk menjaga suhu tubuh normal, diberikan alat bantu napas atau ventilator, pencegahan infeksi, minum susu yang cukup, dan sentuhan ibu. Memang sangat disarankan oleh dokter agar ibu terus memberikan sentuhan pada bayinya. Bayi prematur yang mendapat banyak sentuhan ibu menurut penelitian menunjukkan kenaikan berat badan yang lebih cepat daripada jika si bayi jarang disentuh.


Beratnya kini sudah naik menjadi 2,8 kg (sebelumnya 1,570) dan tingginya 45 (sebelumnya 43). Arzey kini sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah, menjadi lebih ekspresif, bisa marah-marah ataupun menunjukkan keriangan.

No comments :