Presiden Resmikan Kereta Bandara Minangkabau


Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan pada acara peresmian Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau,
Sumatera Barat, Senin (21/5/2018).


Oleh ISMAIL ZAKARIA
PADANG, KOMPAS — Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat, Senin (21/5/2018). Presiden meresmikan Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau, membagikan sertifikat tanah, dan meresmikan Pondok Pesantren Modern Terpadu II Prof DR Hamka.
Presiden didampingi Ibu Negara Nyonya Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri di Kabinet Kerja. Rombongan tiba di Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sekitar pukul 09.40 dan langsung disambut dengan tari Pasambahan atau tari penyambutan ala Minangkabau.
Begitu Presiden tiba, acara peresmian Kereta Api BIM dimulai. Sejumlah sambutan disampaikan mulai dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Presiden.
Irwan Prayitno dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas diresmikannya KA BIM. Apalagi setelah menunggu lebih dari 12 tahun.
Budi juga menyampaikan kelegaan karena KA BIM bisa selesai meski pembangunannya sempat tersendat-sendat.
Presiden mengatakan, KA BIM merupakan KA Bandara ketiga setelah Bandara Kualanamu di Sumatera Utara dan Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Presiden berharap  KA Bandara bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Sumatera Barat.
”KA Bandara di Kualanamu dan Soekarno-Hatta dibangun untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi oleh masyarakat. Harapannya, hal itu juga terjadi di Padang,” kata Presiden.
Seusai peresmian, Presiden beserta rombongan langsung mencoba KA BIM menuju Padang dan berhenti di Stasiun Simpang Haru Padang. Dari sana, Presiden melanjutkan agenda ke Masjid Jamiatul Huda Ketaping untuk menyerahkan 500 sertifikat tanah.
Setelah itu, Presiden bertolak ke Pondok Pesantren Modern Terpadu II Prof DR Hamka untuk meresmikan sejumlah gedung, yakni SMP, SMA, dan rumah susun.
Dikutip dari Kompas edisi 21 Mei 2018

No comments :