Sri Hanuraga

Sri Hanuraga adalah sosok muda di dunia musik jazz yang pernah tampil di Gelanggang Indonesia, sebuah konser yang dipersembahkan untuk Pahlawan Olahraga Indonesia yang penyelenggaraannya berdekatan dengan Asian Games Jakarta Palembang 2018.

Gelanggang Indonesia digelar di Taman Ismail Marzuki, 12 Agustus 2018. Saat itu Aga, demikian nama kecil Sri Hanuraga memberikan kejutan berupa World Premiere Piano Concerto Bangun Pemudi Pemuda ciptaan Alfed Simanjuntak.

Profil Aga masuk dalam Harian Kompas, edisi Minggu, 26 Juli 2020, yang ditulis oleh Riana A Ibrahim dan Dwi AS Setianingsih, yang saya simpulkan seperti dibawah ini:

Keith Emerson, kibordis band rock progresif Emerson adalah sosok yang membuat Aga memutuskan untuk mau main musik. Saat itu Aga baru duduk di kelas II SMP tetapi telah memutuskan untuk serius belajar piano dengan memilih aliran jazz, sama seperti halnya Keith Emerson yang juga terpengaruh oleh musik jazz. Sekolah musik Farabi milik Dwiki Dharmawan dan sosok Indra Lesmana adalah tempat belajar Aga, sebelum berangkat ke Belanda untuk menempuh pendidikan di Berklee School of Music.

Musibah kebakaran yang menimpa rumahnya sempat membuat rencana masuk sekolah musiknya hilang, tetapi Aga tak menyerah, ia menyempatkan diri untuk mengikuti master class di Erasmus Huis, Jakarta dan usahanya membuahkan hasil, ia dapat memepuh pendidikan musik di Belanda selama 6 tahun, mulai dari jenjang strata pertama hingga magister dan memperoleh Cum Laude untuk S-1 di Conservatorium van Amsterdam dan Summa Cumlaude, 10 with distinction untuk jenjang S-2 juga di Conservatorium van Amsterdam.

Kembali ke Tanah Air, ia berkolaborasi dengan banyak musisi seperti gitaris Gerald Situmorang, Dira Sugandi. Bersama Dira, lahirlah album Indonesia Vol. 1 dan 2. Bagi Aga, musik adalah pemikiran yang disampaikan secara bunyi. Pandangan ini juga melahirkan metode pengajaran yang kini diterapkan pada mahasiswanya. Laiknya belajar bahasa, dilakukan pertama adalah meniru. Selama dua tahun pertama, dia memaksa mahasiswanya untuk hanya memainkan kosa bunyi jazz.


No comments :