Kembali ke Paris

Di tepi Sungai Seine

Sebelum dan sesudah ke Spanyol Selatan, kami transit di Paris. Kami mengunjungi salah satu pusat pariwisata yang populer di Paris yaitu Montmartre. Butte (bukit) Montmartre merupakan titik tertinggi Paris dengan ketinggian 130 m dari permukaan laut.


Asal kata Montmartre sendiri diambil dari ‘Mont de Mercure’. Namun di abad ke-13 diubah menjadi ‘Mont des Martyrs’ di mana Santo Denis, pastor pertama Paris terbunuh di sini saat mempertahankan keyakinannya pada abad ke-3.

Pada 1790, kawasan ini terbagi menjadi dua, kaki bukit dan puncak bukit. Bila kaki bukitnya termasuk dalam kota Paris, bagian puncak menjadi Montmartre Village.

Montmartre

Salah satu landmark kota Paris selain Menara Eiffel adalah sebuah gereja tua, Basilica of the Sacre Coeur (Gereja Hati Kudus). Gereja yang terbuat dari batu putih Chateau-Landon ini dibangun pada 1876 - 1912.

Basilica of the Sacre Coeur

Montmartre penuh dengan restoran, souvenir dan para pelukis yang melukis di tempat dengan pengunjung sebagai objeknya. Tempat ini memang kerap disebut 'desa seniman' karena pernah menjadi tempat bermukim para seniman dunia, seperti Van Gogh, Picasso, Henri Matisse, dan Monet. Pertunjukan kabaret seperti Moulin Rouge dan Le Chat Noir juga secara reguler diadakan di desa ini.


Wisata Kuliner Paris



Leon de Bruxelles

Kami sempat mencoba restoran terkenal Leon de Bruxelles, beralamat di 95 Bd Gouvion Saint Cyr 75017 Paris. Ph. 01 55 37 95 30. Restoran yang terletak di Champs Elysees, jantung kota Paris ini mengkhususkan makanan kerang hijau dari Belgia.


Yasmina & Mala, Chez Andre

Untuk makan malam, kami menjajal Chez Andre, sebuah restoran a la bistro Prancis. Alamatnya di 12, rue Marbeuf - 75008 Paris. Ph. 01 47 20 59 57.

Polidor

Kami juga tertarik untuk mencoba Cremerie-Restaurant Polidor, sebuah restoran Prancis tua. Restoran ini berlokasi di 41, rue Monsieur-le-Prince di daerah Odeon, dekat dengan Jardin du Luxembourg. Di sini yang khas adalah cream dessert yang dihidangkan layaknya seabad silam. Konon ini tempat favorit dari tokoh-tokoh seperti Ernest Hemingway, James Joyce, Andre Gide dan Luc Etienne.


Mala menangis mengantar Ucha pulang ke Jakarta


Artikel terkait: Paris

1 comment :

noorlara said...

pakdedi,
salam kenal, gambar-gambar di blog anda banyak membantu, saya dan suami bakal ke andalusia pada tanggal 19/11/2008 hingga 01/12/2008