Appetizer for Jakarta New Year Concert 2010


Pada 11 Desember lalu, di Jenggala berlangsung acara pre-concert, yang disebut Ananda Sukarlan sebagai semacam 'appetizer' dari acara puncak Jakarta New Year Concert 2010 yang akan digelar pada 3 Januari mendatang di Graha Bhakti Budaya, TIM.


Playing trio

Sebagai appetizer, sajian pada malam ini begitu mengesankan. Di awal sajian, Ananda membawakan karyanya, Rhapsodia Nusantara No. 3. Kemudian Sweet Sorrow, gubahan dari karya Shakespeare yaitu kata perpisahan Romeo & Juliet.


Juga dimainkan Ibu yang Anaknya Diculik Itu, dan sebagai penutup adalah Rhapsodia Nusantara No. 5 yang menggubah lagu daerah Sarinande dan Rasa Sayange.


Inez playing violin

Pada malam ini tampil Inez Raharjo, musisi muda yang brilliant, memainkan solo biola untuk Prelude Sonata G Mayor karya S. Bach. Penampilan yang tak kalah menarik juga adalah permainan alto flute Elizabeth Ashford.


Liz Ashford playing alto flute

Untuk 'main course' nantinya Ananda akan menampilkan Cantata No. 2, Libertas, yang bertema kebebasan universal dan hak asasi manusia. Karyanya ini berdasarkan puisi-puisi karya WS Rendra, Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Archibald Macleish, Ilham Malayu, Luis Cernuda, Walt Whitman, dan Hasan Aspahani.


Penyair Hasan Aspahani ini menciptakan sajak yang berjudul Bibirku Bersujud di Bibirmu. Sajak ini mengenai tragedi tsunami di Aceh beberapa waktu lalu. “Bukan hanya judul sajak itu yang begitu menyentuh. Seluruh isi sajak itu tajam, pedih dan menggerakkan!” ujar Ananda saat wawancara dengan Hasan Aspahani di Batam Pos.

Pada keseluruhan acara nanti, tentu juga akan ada kolaborasi musik dan tari, dengan koreografi yang spektakuler oleh the one and only, Chendra Panatan. Menurut Ananda, koreografinya bukan hanya sekadar mencengangkan, tapi juga secara emosional sangat dalam. Tentu concert ini tak boleh dilewatkan.

Berikut foto-foto para sahabat yang hadir pada malam pre-concert ini.








Suasana concert di Jenggala


Big applause for splendid performances


Bob Tutupoli menikmati musik

The JNYC crew


No comments :