Hiking Berdua di Jalanan 'Jantung Eropa'

Hiking Berdua di Jalanan 'Jantung Eropa' 

Kami berdua baru saja menjelajahi lima kota, lima negara 'benua biru' Eropa Timur. Dari kota Warsawa, Polandia, naik moda transportasi kereta api, kami bergerak ke arah barat daya. Menyeberang, melintasi perbatasan menuju "Jantung Eropa", Jerman.

Inilah negara Eropa yang memiliki tetangga paling banyak. Terletak di tengah-tengah daratan Eropa. Sebelah utara Jerman ada negara skandinavia Denmark. Di sisi barat ada Benelux (Belgia, Netheland, Luxemburg), plus Prancis. Di sebelah selatan perbatasan ada Swis dan Austria. Di sebelah timur ada Republik Ceko Relublik Slowakia dan Polandia. 

Ketika menyebut negara Jerman, kota dan daerah apa yang pertama melintas dalam pikiran Anda? Apakah Berlin! Apakah Tembok Berlin? Bila iya, kita sama. Tujuan pertama kami di Jerman juga kota Berlin dan berkunjung ke 'Memorial Tembok Berlin'. Tembok perbatasan wilayah Berlin Timur dan Barat yang sangat ikonik dan bernilai sejarah politik 'perang dingin' dua kutub di Eropa itu sudah dirubuhkan sejak 1989. Jerman yang terbelah tahun 1961 saat Perang Dunia II, sudah menjadi 'Jerman Bersatu' sejak 3 Oktober 1990.

√ 'Memorial Tembok Berlin' - Melihat lebih dekat ke monumen kepingan puing sejarah bekas tembok perbatasan Berlin, dan 'The Wall Museum' area, spot favorite berselfi para wisatawan domestik maupun Eropa.

Di Berlin kami menginap dua malam di hotel Ibis Berlin Kurfuerstendamm. Setiap ngopi pagi di depan hotel, saya perhatikan, warga Jerman lebih suka berjalan kaki dan bersepeda. Saya dan Somya, istri tercinta, saat berdua menjalani 'City Tour' menyempatkan diri hiking, walking around ke wilayah Postdam, ke area 'Jembatan Merah' di daerah aliran sungai Spree yang membelah kota Berlin.

Menghirup Udara Segar Berlin - Jalan berdua saja. Somya ngopi pagi di depan hotel Ibis Berlin, persiapan 'walking around' ke 'Jembatan Merah' ikonik di daerah aliran sungai Spree, Berlin, di East Side Gallery area.

Kami juga tidak melewatkan kesempatan berkunjung ke 'Checkpoint Charlie', kawasan bekas pintu gardu pemeriksaan 'US Army Checkpoint'. Pasca perang dunia kedua, kota Berlin di bawah administrasi pemerintahan bersama Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Uni Soviet, sebagai pihak pemenang PD II. 

'Checkpoint Charlie' - Berpose di bekas pos jaga 'US Army Checkpoint', wilayah administratif AS di Berlin pasca Perang Dunia II.

Rehat sejenak usai 'CityTour', kami berdua bergerak dari wilayah Postdam Berlin melanjutkan traveling 'One Day Trip' naik kereta api cepat ICE menuju ke arah wilayah Jerman bagian selatan. Menuju ibu kota negara bagian terbesar Bayern Bavarian, Munchen. []

No comments :