WARSAWA SEKALI PANDANG

 Polandia Notes

 

Warsawa






Setelah perjalanan dari Praha, kami melanjutkan perjalanan ke Warsawa-Polandia.  Tiba di Warsawa, langsung check in di Novotel Warsawa, kamar kami letaknya di Top Floor  Executive Lantai 31. Begitu sampai di hotel sudah jelang malam, saya memilih istirahat setelah perjalanan yang lumayan melelahkan dari Praha.

Patung-patung di Warsawa

Keesokan harinya kami mulai mengelilingi Warsawa,  pagi ini  kami mengunjungi pusat turis Royal Castle. Dari Novotel menuju Royal Castle bisa menggunakan bus dengan No.180 atau pilihan lainnya dengan  berjalan kaki.

Patung di Warsawa


Polandia ibarat raksasa yang baru bangun tidur,  penduduknya sebanyak 40 juta jiwa, jumlah ini empat kali lebih banyak dari penduduk dari negara di sekitarnya, tapi ini tidah termasuk Rusia ya. Menariknya Warsawa saat ini sedang melakukan pembangunan gedung-gedung baru. Kondisi ini sangat menonjol karena gedung-gedung tua peninggalan perang dua kedua tetap dipelihara dengan sangat baik.

Royal Castle

Objek wisata utama Warsawa yaitu Old Town, atau lazim disebut Royal Castle yang dibangun pada abad ke-14 oleh Raja Zygmunt ke-3 dengan nama Vasa The Castle. Lalu pada  tahun 1944 dihancurkan oleh Jerman. Kemudian pada tahun 1971, Polandia kembali dibangun dengan dana gotong royong, sekarang Royal Castle menjadi pusat lukisan penting Eropa.  Banyak sekali pameran lukisan dan fotografi sisa peninggalan perang dunia kedua yang bisa kita nikmati di Royal Castle Warsawa.

Polandia ternyata memiliki sejarah yang kental dengan pemusik legendaris Mozart. Komposer Mozart yang legendaris ternyata lahir di Polandia, meski meninggal di Paris. Mozart memang menginspirasi dimanapun ia berada, sehingga patungnya bisa kita temui bukan saja di Polandia, namun juga di Austria sebagai tempat ia berkarya dan melahirkan banyak karya-karya fenomenal.

No comments :